Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Order processing time 24h
Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan
IAIN Ponorogo
PBA UIN Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo Laksanakan Asesmen Lapangan, Upaya Nyata Wujudkan Pendidikan Bermutu
Juni 13, 2025
Prodi PBA Hadiri Sosialisasi AMI 2025, Siap Wujudkan Tata Kelola Mutu yang Unggul
Juli 9, 2025
Akademik, Berita, Kerjasama

PBA Goes to School: Sinergi Mahasiswa dan Sekolah dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Ponorogo (Jumat/13/06/2025). Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Kiai ageng Muhammad Besari Ponorogo melaksanakan program PBA Go To School. Kegiatan ini dilaksanakan di […]

PBA Goes to School: Sinergi Mahasiswa dan Sekolah dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Admin
Juni 13, 2025

Ponorogo (Jumat/13/06/2025). Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Kiai ageng Muhammad Besari Ponorogo melaksanakan program PBA Go To School. Kegiatan ini dilaksanakan di MI Ma’arif Gandu Mlarak, Ponorogo. Program bukan sekedar berkunjung ke sekolah untuk meneliti tetapi HMJ PBA melaksanakan program kontribusi nyata sebagai mahasiswa pendidikan bahasa Arab yang membumikan bahasa Arab. Kegiatan ini juga menjadi sebuah bentuk pengabdian terhadap masyarakat dengan memperkenalkan bahasa Arab kepada siswa-siswi di jenjang pendidikan madrasah. Kepala sekolah MI Ma’arif Gandu, Drs Abdullah Zumar sangat menyambut baik kedatangan para mahasiswa.

Sebagai kesan pertama bersama anak-anak, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab mengikuti pembiasaan Salat Dhuha oleh MI Ma’arif Gandu. Terdapat tiga jenjang kelas yang dikunjungi oleh mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Arab yakni kelas III terdapat 3 kelas, kelas IV terdapat 2 kelas, dan satu kelas V.  Mahasiswa PBA kemudian memberikan permainan edukatif bermuatan Bahasa Arab yang masuk pada materi penunjang intrakurikuler dan memberikan kosakata Bahasa Arab yang disampaikan secara menyenangkan sehingga siswa madrasah mudah untuk memahaminya. Selain belajar dan bermain bersama anak-anak MI Ma’arif Gandu, mahasiswa PBA dapat belajar langsung mengenai teknik-teknik mengajar bahasa Arab sebagai calon pendidik yang profesional.

Setelah mengikuti pembelajaran interaktif selama satu jam, para siswa diberikan waktu istirahat selama 30 menit. Sementara itu, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) memanfaatkan waktu tersebut untuk menyiapkan strategi terbaik dalam rangkaian permainan edukatif yang bertujuan meningkatkan wawasan dan keberanian siswa.

Pada sesi berikutnya, kelas III-A diajak bernyanyi lagu “Hayya Bina” dan mengulang materi yang telah dipelajari sebelumnya. Suasana kelas pun menjadi sangat aktif dan penuh semangat. Sementara itu, kelas III-B mengikuti permainan “clap-boom-khud” yang dirancang untuk melatih kecepatan dan fokus. Dalam permainan ini, ketika pengarah berkata “khud”, siswa yang tercepat dapat mengambil hadiah yang telah disediakan. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi bercerita, di mana siswa yang berani membagikan pengalaman pribadinya mendapatkan hadiah menarik. Antusiasme siswa sangat tinggi; mereka dengan penuh percaya diri menceritakan pengalaman jatuh dari sepeda hingga kisah liburan bersama keluarga. Sesi bercerita ini terbukti efektif dalam membangun rasa percaya diri dan kemampuan berbahasa anak.

Rangkaian kegiatan dalam program kerja perdana HMJ PBA 2025 bertajuk “PBA Go To School” berjalan dengan lancar. HMJ PBA menaruh harapan besar pada program ini karena sangat mendukung pengembangan kemampuan mengajar bagi calon guru Bahasa Arab, sekaligus melatih keterampilan komunikasi yang bermanfaat untuk berbagai profesi. Menjadi insan mufidah—pribadi yang bermanfaat—adalah cita-cita yang ingin diwujudkan oleh setiap peserta dalam program ini.