Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Order processing time 24h
Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan
IAIN Ponorogo
Mahasiswa PBA Dalami Tren Penelitian Pendidikan Bahasa Arab sebagai Bekal Penyusunan Skripsi dan Artikel Ilmiah
September 14, 2025
PBA UIN Ponorogo Sosialisasikan Timeline Studi Kepada Mahasiswa Angkatan 2022 Sebagai Bentuk Komitmen Wujudkan Kelulusan Tepat Waktu
September 14, 2025
Berita

Menggali Konsep, Tahapan, dan Implementasi: Pendekatan R&D Diperkenalkan sebagai Arah Penelitian Mahasiswa Prodi PBA

Pendekatan Research and Development (R&D) menjadi salah satu sorotan utama dalam Bimbingan Teknis Penulisan Skripsi dan Artikel Pengganti Skripsi yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab […]

Menggali Konsep, Tahapan, dan Implementasi: Pendekatan R&D Diperkenalkan sebagai Arah Penelitian Mahasiswa Prodi PBA
Admin
September 14, 2025

Pendekatan Research and Development (R&D) menjadi salah satu sorotan utama dalam Bimbingan Teknis Penulisan Skripsi dan Artikel Pengganti Skripsi yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo pada Jumat, 12 September 2025 di Aula Minihall lantai 3 Gedung FTIK.

Hadir sebagai narasumber, Dr. Muhammad Nasrullah, M.A. menyampaikan materi bertajuk Pendekatan R&D dalam Penelitian Pendidikan Bahasa Arab: Konsep, Tahapan, dan Implementasi. Beliau menekankan bahwa pendekatan R&D merupakan jalur penelitian yang strategis karena memungkinkan mahasiswa tidak hanya berhenti pada kajian teoritis, melainkan juga menghasilkan produk nyata yang bermanfaat dalam pembelajaran. Dengan orientasi aplikatif tersebut, R&D dipandang relevan untuk memperkuat kualitas penelitian mahasiswa sekaligus menjawab kebutuhan praktis di bidang Pendidikan Bahasa Arab.

Pendekatan R&D, menurutnya, memiliki posisi penting dalam penelitian mahasiswa, khususnya di bidang Pendidikan Bahasa Arab, sebab pendekatan ini berorientasi pada pengembangan inovasi yang dapat langsung diuji, dievaluasi, dan diimplementasikan. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya dilatih menyusun kajian teoritis, tetapi juga diarahkan untuk memberikan solusi praktis bagi kebutuhan pembelajaran dan pengembangan keilmuan Bahasa Arab.

Dalam sesi tersebut, Dr. Muhammad Nasrullah menguraikan secara sistematis tahapan penelitian R&D, mulai dari identifikasi masalah dan perencanaan, hingga pengembangan, uji coba, revisi, validasi, serta diseminasi produk. Ia juga memberikan contoh implementasi R&D, seperti pengembangan media pembelajaran interaktif, model kurikulum inovatif, serta instrumen evaluasi berbasis teknologi.

Dorongan terhadap penggunaan pendekatan R&D ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa PBA untuk memilih jalur penelitian yang lebih aplikatif dan relevan. Program Studi PBA menilai bahwa pendekatan ini tidak hanya memperkuat daya saing akademik mahasiswa, tetapi juga memperluas kontribusi nyata penelitian mereka terhadap peningkatan kualitas Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia.

Kontributor : Abdul Kholiq