Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Order processing time 24h
Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan
IAIN Ponorogo
Penguatan Motivasi Studi: Langkah FTIK UIN Ponorogo Mendampingi Mahasiswa untuk Percepatan Penyelesaian Studi
Agustus 6, 2025
Membangun Ekosistem Pembelajaran Modern: PBA UIN Ponorogo Perkuat Kerja Sama dengan Markaz Arabiyah Pare Kediri
Agustus 23, 2025
Berita

Eksplorasi Model Pembelajaran Bahasa Arab: PBA UIN Ponorogo Laksanakan Benchmarking ke Kampung Arab Al-Azhar Pare Kediri

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo mengadakan kunjungan akademik ke Kampung Arab Al-Azhar Pare, Kediri, […]

Eksplorasi Model Pembelajaran Bahasa Arab: PBA UIN Ponorogo Laksanakan Benchmarking ke Kampung Arab Al-Azhar Pare Kediri
Admin
Agustus 23, 2025

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo mengadakan kunjungan akademik ke Kampung Arab Al-Azhar Pare, Kediri, pada Jumat (22/8). Kunjungan ini diikuti oleh Ketua Program Studi, Sekretaris Prodi, pengelola jurnal, serta dosen tetap PBA dengan tujuan memperkuat sinergi dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab.

Dalam sambutannya, Ika Rusdiana, M.A., selaku Ketua Program Studi PBA, menekankan pentingnya kolaborasi ini untuk mendukung inovasi pembelajaran bahasa Arab di era digital. “Kami berharap kemitraan dengan Kampung Arab Al-Azhar ini mampu memperkuat implementasi pembelajaran yang lebih adaptif, kreatif, dan berbasis teknologi sehingga kompetensi lulusan PBA semakin relevan dengan kebutuhan zaman,” ujarnya.

Sementara itu, Rohmanudin, M.Pd., C.AMT., selaku Co-Direktur Lembaga Kursus Kampung Arab Al-Azhar, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif kunjungan akademik ini. Ia menegaskan bahwa sinergi antara perguruan tinggi dan lembaga kursus bahasa merupakan langkah strategis untuk menciptakan ekosistem pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan. Pengelolaan kegiatan kebahasaan harus dilaksanakan secara terstruktur dengan dukungan sumber daya manusia yang kompeten. Kami siap berbagi pengalaman terkait sistem kontrol, digitalisasi, dan pengembangan tenaga pengajar,” ungkapnya. Pernyataan ini menegaskan komitmen Al-Azhar dalam mendukung penguatan mutu pembelajaran bahasa Arab melalui kerja sama strategis.

Agenda berikutnya berfokus pada pemaparan struktur organisasi Kampung Arab Al-Azhar yang menjadi fondasi utama dalam pengelolaan program kebahasaan. Pihak lembaga menjelaskan bahwa desain struktur tersebut dirumuskan secara sistematis untuk mendukung seluruh tahapan pengelolaan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi program secara terpadu. Model pengorganisasian ini diakui sebagai salah satu faktor determinan keberhasilan Al-Azhar dalam menjaga kualitas layanan kursus dan program intensif bahasa Arab. Bagi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo, pemaparan ini memberikan wawasan strategis dalam membangun sistem manajemen kelembagaan yang efektif sekaligus adaptif terhadap dinamika kebutuhan pembelajaran modern.

Diskusi kemudian mengerucut pada isu implementasi pembelajaran bahasa Arab berbasis digital sebagai respons terhadap tantangan era teknologi. Dalam sesi ini, pihak Al-Azhar menguraikan berbagai inovasi yang telah diterapkan, termasuk pemanfaatan platform daring, penggunaan media interaktif, serta penerapan sistem pengendalian mutu yang terintegrasi. Pembahasan juga mencakup strategi pengawasan berkala untuk menjamin konsistensi mutu, disertai mekanisme rekrutmen dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia melalui pelatihan berkelanjutan. Keempat aspek tersebut dipandang sebagai pilar utama dalam membangun ekosistem pembelajaran yang tidak hanya terstruktur dan modern, tetapi juga berorientasi pada peningkatan kualitas secara berkesinambungan.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemaparan rencana tindak lanjut (RTL) berupa pengembangan program kolaboratif antara Prodi PBA UIN Kiai Ageng Besari Ponorogo dan Kampung Arab Al-Azhar, khususnya dalam penguatan kurikulum berbasis praktik kebahasaan, digital learning, dan peningkatan kualitas SDM.

Kontributor : Abdul Kholiq